Rabu, 10 Oktober 2012

RESEP COTO MAKASSAR



Bahan - Bahan :

- 1 kg daging sapi bagian sengkel (sengkel merupakan bagian daging sapi yang empuk, biasanya berada di bagian paha)
- 2 liter air cucian beras
- 5 batang serai, memarkan
- 5 lembar daun salam
- 250 gram kacang tanah, goreng, tumbuk, dan haluskan.
- 3 sdm minyak goreng, untuk menumis
- 5 cm jahe, memarkan
- 1 ruas lengkuas, memarkan

P.S. : Sebenarnya selain daging sapi bisa juga direbus bagian lainnya, seperti hati, jantung, otot, maupun jeroan, tergantung selera masing - masing.

Bumbu yang dihaluskan:

- 10 siung bawang putih
- 8 butir kemiri disangrai
- 1 sdm ketumbar disangrai
- 1 sdt jintan disangrai
- 1 sdm garam
- 1 sdt merica butiran.

Pelengkap:

- Bawang goreng
- Irisan daun bawang
- Irisan seledri

Tahap pembuatan:

1. Jika anda memakai jantung, hati, ataupun jeroan siapkan panci terpisah dengan daging sapi, kalau mau makin empuk pakailah panci presto. Setelah matang anda potong dadu.

2. Untuk daging sapinya, anda harus merebusnya bersama air cucian beras, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam. Setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu.

3. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum.

4. Bumbu yang sudah ditumis tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kaldu, tambahkan kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan, kemudian tunggu sampai mendidih.

5. Setelah semuanya selesai, coto siap disajikan.

Tahap Penyajian:

Siapkan mangkuk, masukkan irisan daun bawang, seledri, dan sedikit garam. Bila anda suka bisa tambahkan perasa (mecin). Setelah itu masukkan potongan daging, jantung, hati maupun jeroan (sesuai selera) ke dalam mangkuk. Kemudian ambil air kaldu dan tuangkan ke dalam mangkuk (sesuai selera). Setelah sudah siap, taburi bawang goreng, tambahkan kecap dan perasan air jeruk nipis (sesuai selera). Sajikan selagi hangat. Lebih nikmat bila anda menikmatinya dengan ketupat ^_^

Demikian resep coto Makassar, sebuah kuliner khas dari kota Anging Mammiri. Anda mau mencoba membuatnya ? Jangan lupa undang saya untuk datang mencicipinya yah !

Tidak ada komentar: